Kita pasti sering melihat banyaknya penyandang disabilitas yang ada di berbagai tempat. Bahkan, di beberapa tempat para penyandang disabilitas diacuhkan oleh banyak orang. Padahal, mereka hanya ingin diperlakukan sama dengan orang lain. Sering sekali para penyandang disabilitas tidak bisa bekerja di bidang yang mereka sukai. Banyak dari mereka yang terpaksa bekerja walaupun pekerjaan tersebut terasa berat bagi mereka. Padahal, para penyandang disabilitas bisa bekerja lebih baik dari para orang normal.

Ada banyak hal yang sebenarnya bisa kita pelajari dari para penyandang disabilitas. Para penyandang disabilitas tidak mengeluh dengan keadaan mereka yang terbatas, namun sudah seberapa sering kita mengeluh dengan keadaan kita yang sekarang? Jika kita amati, ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari para penyandang disabilitas. Ini adalah beberapa hal tersebut.

1. Kecacatan dan kebahagiaan tidak saling berhubungan
Cacat tidak bisa mencuri kebahagiaan. Hanya sikap negatif yang bisa melakukannya. Tentu saja, ada periode sedih untuk diri kita yang telah hilang. Tetapi begitu penerimaan tercapai (melalui terapi, pengobatan, doa, meditasi atau cara lain), kebahagiaan kembali ada dalam hidup kita. Siapa pun dapat belajar menemukan kebahagiaan dalam hidup meskipun mereka sedang berada dalam keadaan yang benar-benar buruk.

2. Kenali dirimu.
Siapa pun yang menyandang keterbatasan pasti mengetahui batasannya, apakah mereka hanya dapat berdiri selama sepuluh menit per jam, makan makanan tertentu atau harus tetap dekat dengan kamar kecil – hidup dalam batas-batas ini tanpa membiarkan mereka menjadi terbatasi adalah seni dalam memahami hidup. Memahami diri sendiri memberi Anda kesempatan untuk menyempurnakan hidup Anda. Anda juga harus meningkatkan kekuatan di dalam diri Anda agar Anda bisa mengenali diri Anda lebih baik lagi.

3. Bersyukurlah atas setiap momen – baik dan buruk.
Hitung waktu-waktu yang baik dan bersyukurlah untuk itu. Belajarlah dari saat-saat buruk dan manfaatkan itu untuk menjadikan diri Anda lebih kuat. Selain membantu Anda memiliki pikiran positif yang lebih tinggi, berlatih bersyukur juga dapat mebuat tekanan darah menjadi rendah dan sistem kekebalan yang lebih kuat.